Prioritaskan Infrastruktur

Prioritaskan Infrastruktur

Bupati Minta Perbaiki Jalan

BINTUHAN, Bengkulu Ekspress- Program prioritas Kabupaten Kaur ternyata masih terfokus pada infrastruktur. Hal itu terungkap pada agenda Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Tahun 2020 di gedung serba guna (GSG), Senin (18/3). Acara dibuka langsung oleh Bupati Kaur Gusril Pausi SSos, dan dihadiri oleh Gubernur Bengkulu dalam hal ini diwakili Kepala Adm Biro Pembangunan Pemprov Bengkulu, Taufiq Adun SE MSi. Dalam kesempatan ini Bupati Kaur berharap di tahun 2020 mendatang Pemprov dapat melakukan perbaikan jalan yang ada di Kabupaten Kaur.

“Harapan kita di tahun 2020 di Kabupaten Kaur ini terus meningkat, dan kita fokuskan ditahun 2020 ini dalam membangun infrastruktur seperti jalan dan jembatan,” kata bupati usai membuka kegiatan Musrenbang Kabupaten Kaur di GSG, kemarin (18/3).

Dikatakan bupati, Musrenbangkab ini sangat perlu dilakukan sebagai dasar untuk menyusun kebutuhan pembangunan di tahun 2020 mendatang. Sehingga dapat pula dijadikan pedoman dalam pembangunan nantinya. Menurut bupati, dalam menyusun suatu kegiatan juga harus jelas indikator kegiatannya. Sehingga dapat diukur tingkat pencapaiannya.

“Diharapkan Musrenbangkab ini menjadi momentum untuk mensinkronisasi dan sinergi program OPD baik di provinsi dan kabupaten,” harapnya.

Ditambahkan bupati, saat ini banyak tantangan pembangunan ke depan di Kabupaten Kaur antara lain masalah kemiskinan, optimalisasi layanan pendidikan dan kesehatan, infrastruktur, serta pengembangan UKM dan koperasi. Bupati juga meminta Pemprov Bengkulu kiranya dapat memperbaiki ruas jalan provinsi yang saat ini pada umumnya dalam kondisi rusak berat bahkan hampir putus. “Kini sejumlah jalan provinsi di Kabupaten Kaur mengalami kerusakan seperti di Kecamatan Padang Guci Hilir, Kecamatan Muara Sahung dan juga diKecamatan Kinal,” ujarnya.

Dalam kegiatan itu selain dihadiri sejumlah perwakilan OPD, juga hadir perwakilan kecamatan yang terdiri dari Kades, camat dan juga tokoh masyarakat setempat. Dalam sambutannya Gubernur Bengkulu Kepala Adm Biro Pembangunan Pemprov Bengkulu Taufiq Adun SE M Si juga menyampaikan, ada empat program prioritas Provinsi Bengkulu di 2020 mendatang, yakni pengembangan infrastruktur ekonomi, Visit 2020 wonderful bengkulu yakni diantaranya festival gurita Kaur, peningkatan nilai tambah dan Pengentasan kemiskinan serta peretasan ketertinggalan.

“Tahun ini berdasarkan hitungan kami dana pembangunan yang dialokasikan pemerintah pusat di kabupaten Kaur 2019 ini sebesar Rp. 36.3 miliar sedangkan dari APBD Provinsi Bengkulu untuk Kaur 2020 Rp. 87,5 miliar,” terangnya.

Ditambahkannya, salah satu pembangunan yang tetap akan dilanjutkan proyek besar di kabupaten Kaur yakni pembangunan jalan penghubung Kaur dengan Sumsel yakni Muara Sahung menuju air Tembok.“Sistem pembangunannya bertahap tahun ini ada beberapa kilometer yang di hotmix tahun 2020 juga begitu kita target 2021 tuntas pembangunannya hingga perbatasan nantinya,” tandasnya.(618)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: